BAB II

GAMBARAN PELAYANAN

KANTOR PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN STATISTIK

 

  • Peran, Tugas Dan Fungsi SKPD Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Melaksanakan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah yang merupakan implementasi dari Undang-undang tentang Pemerintah Daerah, pemerintah Kota Magelang menetapkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2008 tentang Susunan, Kedudukan dan Tugas Pokok Organisasi Lembaga Teknis, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan Satuan Polisi Pamong Praja. Salah satu lembaga Teknis yang dimaksud dalam Perda tersebut adalah Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik. Selanjutnya atas perda tersebut Pemerintah Daerah Kota Magelang mengatur Tugas, Pokok, Fungsi dan Rincian tugas pejabat struktural pada SKPD tersebut dengan Peraturan Walikota Magelang Nomor 22 tahun 2008.

Seiring perkembangan pembangunan, Undang-Undang Pemerintah Daerah yang semula diatur dengan Undang-undang 32 Tahun 2004 diubah dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 beserta perubahannya yang akan berkonsekuensi dalam penataan organisasi. Namun demikian, hingga penyusunan Rancangan Awal Renstra ini, Rancangan Peraturan Pemerintah pengganti Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 belum disahkan. Untuk itu dalam Rancangan awal Renstra ini, nomenklatur SKPD tetap menggunakan Nomenklatur sesuai Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2008 dengan Tugas, Pokok dan Fungsi sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Magelang Nomor 22 tahun 2008.

Untuk memberikan gambaran jelas tentang tentang peran, tugas dan fungsi SKPD secara berturut-turut dalam sub bab ini akan diuraikan mengenai Struktur Organisasi, Tugas dan Fungsi SKPD serta Tugas Pokok, Uraian Tugas dan Fungsi masing-masing pejabat struktural yang ada di Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang, sebagaimana dimaksud dalam Lampiran IX Perwal tersebut.

  • Struktur Organisasi Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang

Sesuai Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2008, Struktur Organisasi Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang adalah sebagai berikut :

Gambar 2.1

STRUKTUR ORGANISASI KANTOR PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN STATISTIK KOTA MAGELANG

Sumber :Perda Kota Magelang nomor 5 Tahun 2008

 

 

  • Tugas dan Fungsi
    • Tugas dan Fungsi Lembaga Teknis :

Sesuai pasal 2 ayat (1) Peraturan Walikota Magelang tersebut, bawa Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik sebagai salah satu Lembaga Teknis di Kota Magelang mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik.

Untuk dapat melaksanakan fungsi tersebut harus melaksanakan fungsi sebagai berikut :

  • Perumusan rencana dan kebijakan teknis di bidang perencanaan pembangunan daerah;
  • Pengkoordinasian dan pengarahan dalam penyusunan program, pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian;
  • Pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • Pengendalian dan pembinaan terhadap pelaksanaan operasional di lingkup tugasnya.

 

  • Tugas Pokok, Rincian Tugas dan Fungsi Pejabat Struktural

Agar Lembaga Teknis dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dalam lampiran perwal tersebut telah diatur rincian tugas dan fungsi masing-masing pejabat struktural yang ada didalamnya.

Rincian tugas dan fungsi para pejabat di Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang adalah sebagai berikut :

 

  • Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang

Tugas Pokok Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang adalah membantu Walikota dalam melaksanakan urusan bidang penelitian, pengembangan dan statistik.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik berpedoman pada uraian tugas sebagai berikut:

  • Merumuskan visi misi serta menetapkan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik.
  • Merumuskan kebijakan teknis di bidang penelitian, pengembangan dan statistik.
  • Mengkoordinir dan mengarahkan pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian kantor.
  • Mengkoordinir dan mengarahkan pelaksanaan program kegiatan pada sub bag tata usaha serta seksi-seksi di bawahnya.
  • Melaksanakan pengawasan dan pengendalian bidang penelitian, pengembangan dan statistik.
  • Melaksanakan kegiatan pengelolaan data statistik daerah sebagai bahan evaluasi dan perencanaan.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan bidang ekonomi, sosial budaya, serta fisik dan prasarana.
  • Mengkoordinasikan dan memadukan rencana dan kebijakan penelitian dan pengembangan bidang ekonomi, sosial budaya serta fisik dan prasarana yang disusun oleh Unit Kerja/Instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota.
  • Mendorong dan memfasilitasi masyarakat dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Melaksanakan inventarisasi permasalahan penelitiandan pengembangan serta merumuskan langkah-langkah pemecahannya.
  • Mengkoordinir dan bertanggung jawab atas proses pengadaan barang/jasa di lingkup kantor sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
  • Memberikan saran/pertimbangan kepada atasan sebagai bahan pertimbangan sesuai bidangnya.
  • Melaksanakan tertib administrasi dan pelaporan.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik mempunyai fungsi :

  • Perumusan rencana dan kebijakan teknis di bidang penelitian, pengembangan dan statistik.
  • Pengkoordinasian dan pengarahan dalam penyusunan program, pengelolaan keuangan serta administrasiumum dan kepegawaian kantor.
  • Pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Pengendalian dan pembinaan teknis atas pelaksanaan tugas pokoknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

  • Kepala Sub Bagian Tata Usaha

Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas pokok membantu Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik dalam hal melaksanakan urusan perencanaan, kepegawaian, keuangan, dan umum serta pengumpulan data dan penyusunan laporan.

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Tata Usaha berpedoman pada uraian tugas sebagai berikut :

  • Mengkoordinasikan penyusunan rencana strategis (renstra) kantor.
  • Mengkoordinasikan penyusunan program dan kegiatan tahunan kantor.
  • Mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja anggaran dan dokumen pelaksanaan anggaran kantor.
  • Menyusun rencana program dan kegiatan Sub Bagian Tata Usaha.
  • Memberikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan kantor.
  • Melaksanakan pengelolaan urusan keuangan di lingkungan kantor.
  • Melaksanakan urusan umum, kerumahtanggaan, perlengkapan dan tertib administrasi serta pengelolaan barang-barang inventaris kantor.
  • Melaksanakan urusan administrasi kepegawaian antara lain kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, penggajian pegawai, mutasi dan lain-lain di lingkungan kantor.
  • Melaksanakan kegiatan administrasi ketatausahaan dan kearsipan di lingkungan kantor.
  • Menyiapkan bahan dalam proses pengadaan barang/jasa di lingkup kantor.
  • Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
  • Memberikan saran/pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
  • Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kantor.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai fungsi :

  • Pengkoordinasian seksi-seksi dalam rangka penyusunan rencana strategis, program dan kegiatan serta penyusunan laporan tahunan kantor.
  • Perencanaan penyusunan program dan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Tata Usaha.
  • Pelaksanaan pengelolaan urusan keuangan, umum dan kepegawaian kantor.
  • Pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan kantor.
  • Pengawasan dan pengendalian program dan kegiatan Sub Bagian Tata Usaha.

 

  • Kepala Seksi Penelitian Dan Pengembangan Ekonomi Dan Sosial

Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial mempunyai tugas pokok membantu Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik dalam sub bidang penelitian dan pengembangan ekonomi dan sosial.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial mempunyai fungsi :

  • Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial.
  • Mengumpulkan dan mengkaji data dan informasi lainnya sebagai bahan perumusan kebijakan teknis yang berhubungan dengan penelitian dan pengembangan ekonomi dan sosial.
  • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data dalam rangka penelitian dan pengembangan ekonomi dan sosial.
  • Merumuskan perencanaan penelitian dan pengembangan bidang ekonomi dan sosial yang meliputi pertanian, perikanan, peternakan, ketenagakerjaan, ketransmigrasian, koperasi, industri, perdagangan, energi, dunia usaha, pendidikan, pemuda, olahraga, kebudayaan, pariwisata, pemerintahan, kesejahteraan sosial, kesehatan dan kependudukan.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang ekonomi dan sosial yang meliputi pertanian, perikanan, peternakan, ketenagakerjaan, ketransmigrasian, koperasi, industri, perdagangan, energi, dunia usaha, pendidikan, pemuda, olahraga, kebudayaan, pariwisata, pemerintahan, kesejahteraan sosial, kesehatan dan kependudukan.
  • Melakukan inventarisasi permasalahan penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi dan sosial yang meliputi pertanian, perikanan, peternakan, ketenagakerjaan, ketransmigrasian, koperasi, industri, perdagangan, energi, dunia usaha, pendidikan, pemuda, olahraga, kebudayaan, pariwisata, pemerintahan, kesejahteraan sosial, kesehatan dan kependudukan.
  • Membantu atasan dalam mendorong dan memfasilitasi masyarakat dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
  • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
  • Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial mempunyai fungsi :

  • Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial.
  • Pengkoordinasian dalam penyiapan bahan pelaksanaan kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial.
  • Pelaksanaan kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial.

 

  • Kepala Seksi Penelitian Dan Pengembangan Fisik Dan Prasarana

Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan Fisik dan Prasarana mempunyai tugas pokok membantu Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik dalam sub bidang penelitian dan pengembangan fisik dan prasarana.

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan Fisik dan Prasarana berpedoman pada uraian tugas sebagai berikut :

  • Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Fisik dan Prasarana.
  • Mengumpulkan dan mengkaji data dan informasi lainnya sebagai bahan perumusan kebijakan teknis yang berhubungan dengan penelitian dan pengembangan fisik dan prasarana.
  • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data dalam bidang penelitian dan pengembangan fisik dan prasarana.
  • Merumuskan perencanaan penelitian dan pengembangan bidang fisik dan prasarana yang meliputi kebersihan, pertamanan, penataan ruang, lingkungan hidup, permukiman, pekerjaan umum, pertanahan, perhubungan, komunikasi dan informatika.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang fisik dan prasarana yang meliputi kebersihan, pertamanan, penataan ruang, lingkungan hidup, permukiman, pekerjaan umum, pertanahan, perhubungan, komunikasi dan informatika.
  • Melakukan inventarisasi permasalahan penelitian dan pengembangan di bidang fisik dan prasarana yang meliputi kebersihan, pertamanan, penataan ruang, lingkungan hidup, permukiman, pekerjaan umum, pertanahan, perhubungan, komunikasi dan informatika.
  • Membantu atasan dalam mendorong dan memfasilitasi masyarakat dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
  • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
  • Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Fisik dan Prasarana.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan Fisik dan Prasarana mempunyai fungsi :

  • Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Fisik dan Prasarana.
  • Pengkoordinasian dalam penyiapan bahan pelaksanaan kegiatan pada Seksi Penelitian dan Pengembangan Fisik dan Prasarana.
  • Pelaksanaan kegiatan kegiatan Seksii Penelitian dan Pengembangan Fisik dan Prasarana

 

  • Kepala Seksi Pengolahan Data dan Statistik

Kepala Seksi Pengolahan Data dan Statistik mempunyai tugas pokok membantu Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik dalam sub bidang pengolahan data dan statistik.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud diatas Kepala Seksi Pengolahan Data dan Statistik berpedoman pada uraian tugas sebagai berikut :

  • Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Pengolahan Data dan Statistik.
  • Mengumpulkan dan mengkaji data dan informasi lainnya sebagai bahan perumusan kebijakan teknis yang berhubungan dengan pengolahan data dan statistik.
  • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data bidang pengolahan data dan statistik.
  • Melaksanakan kegiatan pengolahan data statistik, sebagai bahan evaluasi dan acuan di dalam perencanaan pembangunan daerah.
  • Melakukan inventarisasi permasalahan pengelolaan data dan statistik serta merumuskan langkah-langkah pemecahannya.
  • Melaksanakan koordinasi dalam pengelolaan data dan statistik.
  • Memberikan dukungan penyelenggaraan survei antar sensus skala kota.
  • Mengembangkan kerjasama antar lembaga untuk mengembangkan statistik skala kota.
  • Memberikan petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
  • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
  • Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pengolahan Data dan Statistik.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Seksi Pengolahan Data dan Statistik mempunyai fungsi:

  • Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Pengolahan Data dan Statistik.
  • Pengkoordinasian dalam penyiapan bahan pelaksanaan kegiatan pada Seksi Pengolahan Data dan Statistik.
  • Pelaksanaan kegiatan Seksi Pengolahan Data dan Statistik.
    • Sumber Daya Kantor Penelitian, Pengembangan Dan Statistik

Sumber daya yang dimiliki kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik pada saat Rancangan Awal ini di susun meliputi Sumber Daya Manusia; Sumber Daya Keuangan dan Aset. Secara rinci kondisi sumber daya tersebut adalah sebagai berikut :

  • Sumber Daya Manusia

Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik memiliki sumber daya manusia sebanyak 15 (lima belas) orang yang terdiri dari 13 (tiga belas) orang PNS dan 2 (dua) orang CPNS. Selain pegawai  PNS dan CPNS, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik dibantu oleh 4 (empat) tenaga tidak tetap yang direkrut dan dikontrak setiap tahun.

Kondisi Pegawai ditinjau dari jenis kelaminnya, jabatan, golongan/pangkat , tingkat pendidikan  dan kelompok umur sebagai berikut :

  • Menurut Jenis Kelamin :

Sampai dengan awal tahun 2016, Pegawai (PNS dan CPNS) Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang menurut jenis kelamin hampir seimbang, pegawai dengan jenis kelamin laki-laki sebesar 46.67% dari total pegawai perempuan yaitu sebesar 53.33% sebagaimana tabel 2.1 berikut:

Tabel 2.1
Komposisi Pegawai Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang Menurut Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Laki-laki

7

46.67

2

Perempuan

8

53.33

 

 

15

100,00

Sumber  Data  : TU Kantor Litbang & Statistik Kota Magelang,  data diolah

  • Menurut Jabatan :

Komposisi pegawai Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang antara Pejabat baik Eselon III ,  IV dan Fungsional sebesar 46.67% hampir sebanding dengan jumlah pelaksana/staf yang sebesar   53.33% dari total pegawai sebagaimana tabel 2.2 berikut:

Tabel 2.2
Komposisi Pegawai Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang Menurut Jabatan (Struktural/Fungsional)

No

Jabatan

Jumlah

Prosentase

1

Kepala Kantor  (Eselon III )

1

 6.67

2

Kepala  Seksi / Kepala Sub Bagian  (Eselon IV)

4

26.67

3

Jabatan Fungsional

2

13.33

4

Pelaksana/staf

8

53.33

 

 

15

100,00

Sumber  Data : TU Kantor Litbang & Statistik Kota Magelang,  data diolah

  • Menurut Golongan/ Pangkat :

Komposisi pegawai Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang menurut pangkat/golongan sebagian besar adalah pegawai dengan golongan III dengan komposisi mencapai 66.67%  dari total pegawai sebagaimana tersaji dalam tabel 2.4 berikut:

Tabel 2.3
Komposisi Pegawai Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik
Kota Magelang Menurut Golongan/ Pangkat

No

Golongan/Pangkat

Jumlah

Prosentase

1

Golongan I

0

0

2

Golongan II

4

26.67

3

Golongan III

10

66.67

4

Golongan IV

1

6.67

 

 

15

100,00

  Sumber Data : TU Kantor Litbang & Statistik Kota Magelang,  data diolah

 

  • Menurut Tingkat Pendidikan :

Tingkat pendidikan pegawai Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang sebagian besar adalah sarjana (D3/S1/S2) atau sebesar 79,99% dari total pegawai sebagaimana tabel 2.4:

Tabel 2.4
Komposisi Pegawai Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang Menurut Tingkat Pendidikan

No

Pendidikan

Laki-laki

%

Perempuan

%

Jumlah

%

1

Pasca Sarjana/ S2

3

20.00

2

13.33

5

33.33

2

Sarjana/ S1

2

13.33

3

13.33

5

33.33

3

Sarjana Muda/ D3

0

0

2

13.33

2

13.33

4

Sekolah Menengah Atas

1

6.67

1

6.67

2

13.33

5

Sekolah Menengah Pertama

1

6.67

-

0

1

6.67

6

Sekolah Dasar

0

0

-

0

0

0

 

 

7

46.67

8

53.33

15

100

Sumber Data TU Kantor Litbang & Statistik Kota Magelang,  data diolah

 

  • Menurut Kelompok Umur :

Pegawai Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang menurut kelompok umur masih dalam usia produktif, tidak ada yang akan memasuki usia pensiun. sebagian besar adalah sarjana (D3/S1/S2) atau sebesar 79,99% dari total pegawai sebagaimana tabel 2.5:

 

 

 

Tabel 2.5

Jumlah PNS Dan CPNS Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang Menurut Kelompok Umur, Jenjang Pendidikan  dan Jenis Kelamin Per 30 April 2016

 

KELOMPOK UMUR

JUMLAH PADA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN

JUMLAH MENURUT JENIS KELAMIN

JUMLAH KESELURUHAN

SMP

SEDERAJAT

SMA

SEDERAJAT

D1

D2

D3

D4

S1

S2

L

P

L

P

L

P

L

P

L

P

L

P

L

P

L

P

L

P

 

< 25 Tahun

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

26-35 Tahun

-

-

-

-

-

-

-

-

-

2

-

-

-

1

-

-

-

3

3

36-45 Tahun

-

-

-

1

-

-

-

-

-

-

-

-

1

1

3

-

4

2

6

46-55 Tahun

1

-

1

-

-

-

-

-

-

-

-

-

1

1

-

2

3

3

6

JUMLAH

1

-

1

1

-

-

-

-

-

2

-

-

2

3

3

2

7

8

15

Sumber Data : TU Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang, diolah

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dilihat dari umur pegawai, pegawai pada kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik secara umum masih produktif.

Untuk mendukung pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Perangkat Daerah urusan pemerintahan bidang statistik dan kelitbangan dapat disajikan sebagaimana tabel 2.6 dibawah ini :

Tabel 2.6

Kebutuhan Pegawai Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik      Kota Magelang Menurut Keahlian dan Jenjang Pendidikan

KEAHLIAN YANG DIBUTUHKAN

JUMLAH ORANG SESUAI JENJANG PENDIDIKAN

JUMLAH

SMP

SMA

D1

D2

D3

D4

S1

S2

S3

PENELITI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

-

-

-

9

-

9

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

-

1

-

1

Disiapkan 2016

-

-

-

-

-

-

3

-

-

3

STATISTISIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

-

-

1

1

-

2

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

1

-

-

1

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

PENGELOLA DATA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

-

-

4

-

-

4

Terpenuhi

-

-

-

-

1

-

-

-

-

1

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

ANALIS KEBIJAKAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

-

-

-

3

-

3

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

PEREKAYASA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

-

-

-

2

-

2

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

PENGADAAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

-

-

3

-

-

3

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

1

1

-

2

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

PENATAUSAHAAN KEUANGAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

-

-

1

-

-

1

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

ARSIPARIS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

1

-

-

-

-

1

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

PERENCANA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

-

-

1

-

-

1

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

PUSTAKAWAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

1

-

-

-

-

1

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

BENDAHARAWAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

1

-

-

-

-

1

Terpenuhi

-

-

-

-

1

-

-

-

-

1

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMBANTU BENDAHARA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

4

-

-

-

-

4

Terpenuhi

-

-

-

1

-

-

-

-

-

1

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGURUS BARANG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

-

-

-

1

-

-

-

-

1

Terpenuhi

-

-

-

-

-

-

1

-

-

1

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

PENYIMPAN BARANG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibutuhkan

-

1

-

-

-

-

-

-

-

1

Terpenuhi

1

-

-

-

-

-

-

-

-

1

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

TATA PERSURATAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

Dibutuhkan

-

1

-

-

-

-

-

-

-

1

Terpenuhi

1

-

-

-

-

-

-

-

-

1

Disiapkan

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Sumber : Data TU Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang, diolah

Dari tabel 2.6 terlihat bahwa pegawai yang dibutuhkan sesuai dengan kompetensi sebanyak 27 orang. Sedangkan pegawai yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas administratif sebanyak 8 orang. Kondisi saat ini untuk pegawai yang yan melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensi sebanyak 6 orang, sedangkan pegawai yang melaksanakan tugas administratif telah terpenuhi 4 orang.

Selanjutnya apabila pegawai kantor penelitian pengembangan dan statistik ditijau dari dukungan keilmuan akan terlihat sebagai berikut :

Tabel 2.7

Kondisi Kepegawaian Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang Menurut Jenjang Pendidikan dan Keilmuan yang Dibutuhkan,

Per 30 April 2016

 

Jabatan/keahlian

Pendidikan Tertinggi yang ditamatkan

Latar belakang keilmuan

Standar

Kondisi Eksisting

Standar yang dibutuhkan

Kondisi Eksisting

Kepala Kantor

S2

S2

Kebijakan Publik

Kebijakan Publik, Perencanaan Wilayah Kota (ekonomi)

Kasubag TU

S1

S2

Adminsitratif

Manajemen

Kasi Litbang Ekonomi dan Sosial

S1

S2

Ekonomi / sosial/ Agribisnis

Teknologi Informasi

Kasi Litbang Fisik Prasarana

S1

S2

Teknik Sipil/Arsitektur/ Perencanaan Wilayah Kota/lanscape

Teknik Geologi

Kasi Pengolahan Data dan Statistik

S1

S1

Ekonomi / Statistik / MIPA

Komputer

Peneliti

Minimal S1

S2

·      Ekonomi

·      Sosial Kemasyarakatan

·      Hukum

·      Lingkungan

·      Informatika

·      Sosial Politik

·      Kesehatan Masyarakat/ Lingkungan

·      Manajemen pendidikan

·      Budaya

·      Pertanian

·      Peternakan

·      Kehutanan

·      MIPA

·      Biologi

·     Ekonomi Regional dan wilayah

Calon Peneliti

Minimal

S1

S1

·      Ekonomi

·      Sosial

·      Hukum

·      Lingkungan

·      Informatika

·      Sosial Politik

·      Kesehatan

·      Manajemen pendidikan

·      Kemasyarakatan

·      Budaya

·      Pertanian

·      Peternakan

·      Kehutanan

·      MIPA

·      Lingkungan

·      TIK

 

Statistisi

S1

S1

·      Statistik dan Ekonomi

·      Statistik

Pengolah Data Statistik

D3

D3

·      Statistik

·      Statistik

Pengadaan

S1

S1

·      Bersertifikat pengadaan

·      Bersertifikat Pengadaan

PPKom

S1

S2

·      Bersertifikat pengadaan

·      Bersertifikat Pengadaan

PPK

S1

S2

·      Ekonomi

·      Ekonomi

Bendahara Pengeluaran

D3

D3

·      Ekonomi

·      ekonomi

Bendahara Gaji

SMA

SMA

·      Semua jurusan

·      sosial

Pengurus Barang

D3

S1

·      Ekonomi

·      Ekonomi

Penyimpan Barang

SMA

SMP

·      Semua jurusan

·      Tanpa jurusan

Program

S1

S1

·      Perencanaan

·      Teknik Lingkungan

 

Pengolah Data Ekonomi Sosial

D3

S1

·      Statistik

·     Ekonomi

Pengolah Data Fisik Prasarana

D3

SMA

·      Statistik

·     Sosial

Arsiparis

D3

SMP

·      Arsip

·     Tanpa jurusan

Perpustakaan Umum

D3

S1

·      Perpustakaan/Arsip

·     Statistik

Perpustakaan Hukum (JDI)

D3

SMA

·      Perpustakaan/Arsip

·     Sosial

Perpustakaan Hasil Penelitian

D3

S2

·      Perpustakaan/Arsip

·     Peneliti

Sumber : Data Kepegawaian Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik, Tahun 2016

Dari tabel 2.7 tersebut tampak bahwa dari beberapa posisi jabatan maupun pekerjaan yang membutuhkan keahlian tidak dijabat/dipegang oleh personil yang memiliki keilmuan yang sesuai dengan standar. Bahkan berberapa pekerjaan ahli / trampil ditangani oleh personil yang tidak pada bidangnya. Namun demikian karena tugas dan pekerjaan harus berjalan sesuai rencana maka dilakukan berbagai terobosan agar semua fungsi dapat berjalan mendekati normal. Salah satu langkah yang diambil dengan melihat kebutuhan dan ketersediaan SDM yang tidak seimbang maka dalam melaksanakan Tugas pokok dan Fungsi dilakukan perangkapan jabatan, sebagai berikut :

  • Posisi Kepala Kantor selaku Pengguna Anggaran merangkap Pejabat Pembuat Komitmen;
  • Posisi Kasubag Tata Usaha merangkap Pejabat Penatausahaan Keuangan
  • Posisi fungsi program, merangkap pejabat pengadaan dan calon peneliti lingkungan
  • Posisi statistisik merangkap admin website dan perpustakaan
  • Posisi peneliti merangkap pengelola perpustakaan hasil-hasil penelitian
  • Posisi Pengolah Data dan Statistik merangkap pengelola perpustakaan JDI
  • Posisi Pengolah Data Ekonomi Sosial sementara waktu merangkap bendahara pengeluaran
  • Posisi administrasi persuratan merangkap pengelola arsip dan penyimpan barang

 

  • Sumber Daya Keuangan

Pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi kelitbangan dan statistik di dukung dengan pendanaan/anggaran. Kondisi anggaran selama lima tahun terakhir adalah sebagai berikut :

Dari tahun ke tahun anggaran Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik cenderung fluktuatif. Anggaran belanja Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang selama periode 2011-2015 tumbuh 18,47% dengan rata-rata proporsi terbesar sebanyak 62,3% berasal dari alokasi Belanja Langsung. Realisasi anggaran rata-rata tumbuh 7,31% per tahun sejak tahun 2011 dengan rata-rata pertumbuhan realisasi Belanja Langsung sebesar 8,95% dan Belanja Tidak Langsung sebesar 5,71%. Dari data realisasi tersebut, besarnya rata-rata penyerapan total anggaran selama 5 tahun terakhir mencapai 87,3% dengan rasio penyerapan Belanja Langsung yang relatif lebih besar yaitu sebesar 88,41% per tahun dan penyerapan Belanja Tidak langsung sebesar 85,54%.

 

 

 

Tabel 2.8

 JUMLAH PROGRAM DAN KEGIATAN

 KANTOR PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN STATISTIK

KOTA MAGELANG LIMA TAHUN TERAKHIR

 

TAHUN

JUMLAH PROGRAM

JUMLAH KEGIATAN

ADMINISTRATIF

SUBSTANTIF

ADMINISTRATIF

SUBSTANTIF

2011

2

4

22

6

2012

3

4

22

11

2013

4

4

32

14

2014

4

4

27

15

2015

5

5

30

15

Rata2

4

4

27

12

Sumber : Target dan Realisasi Kantor Penelitian dan Pengembangan dan Statistik Kota Magelang selama 5 (lima) tahun terakhir

 

Dari data sebagaimana tertuang dalam tabel 2.8 dapat dikatakan bahwa seiring dengan fluktuasi jumlah anggaran pada Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik, jumlah program dan kegiatan yang bersifat administratif pun cenderung fluktuatif, sedangkan yang bersifat substantif cenderung meningkat.

Dari seluruh program dan kegiatan yang bersifat substantif, kontinyuitasnya selama lima tahun terakhir adalah sebagai berikut:

  • Aset

Kondisi terakhir aset Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang tercermin pada Neraca per 31 Desember 2015, sebagai berikut :

 

Tabel 2.9

Daftar Aset  Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik

Kota Magelang per 31 desember 2015

Tabel 2.9.1. TANAH

No

Lokasi

Luas

(M2)

Tahun

Nilai

Kondisi

Beli

Beli

 

Tanah Utk Bangunan Tempat Kerja

       
 

Serah Terima dr Disporabudpar

       

1

Jl. Jend.Sudirman No.46 Mgl

1500

1977

1.125.000.000,00

Baik

 

TOTAL

1.125.000.000,00

 

 

Tabel 2.9.2. PERALATAN DAN MESIN

 

2.9.2.1. ALAT-ALAT ANGKUTAN

 

No

Jenis

Merek

Tahun

Beli

Nilai

Kondisi

 

   

 

 

ALAT ANGKUT DARAT BERMOTOR

 

 

 

 

Alat Angkut Darat Bermotor Kendaraan Dinas Bermotor Perorangan

   

 

1

Mobil ( Jeep )

Spyder

2011

91.645.000,00

Rusak Berat

 

2

Mobil AA 9505 BS

Toyota Avanza

2013

171.830.000,00

Baik

 

 

Jumlah

263.475.000,00

 

 

 

Alat Angkut Darat Bermotor-Kendaraan Bermotor Beroda Dua

   

 

3

Sepeda Motor AA 9873 BA

Honda Supra X

2008

14.900.000,00

Baik

 

4

Sepeda Motor AA 9872 BA

Honda Supra X

2008

14.900.000,00

Baik

 

5

Sepeda Motor AA 9630 CA

Honda PGMFI 125

2009

15.897.375,00

Baik

 

 

Sepeda Motor AA 9631 CA

Honda PGMFI 125

2009

15.897.375,00

Baik

 

 

Jumlah

61.594.750,00

 

 

 

TOTAL

325.069.750,00

 

 

                         

 

2.9.2.2. ALAT PERTANIAN DAN PETERNAKAN

No.

Jenis

Tahun

Beli

Jumlah

Unit

Nilai

Kondisi

 

ALAT PENGOLAHAN

 

 

 

Alat Pengolah Tanah dan Tanaman

   
 

Mutasi dr KLH

       

1

Komposter Komunal

2012

1

558.971,00

Baik

 

Jumlah

   

558.971,00

 
 

TOTAL

   

558.971,00

 

 

2.9.2.3. ALAT-ALAT KANTOR dan RUMAH TANGGA

No

Jenis

Merk

Tahun

Beli

Jumlah

Nilai

Kondisi

A.

ALAT KANTOR

     

 

 

A.1

Alat Kantor-Mesin Ketik

 

 

1

Mesin Ketik

Olimpia

2009

1 unit

2.239.000,00

Baik

 

Jumlah A.1

2.239.000,00

 

A.2

Alat Kantor - Alat Penyimpan Perlengkapan Kantor

 

 

2

Rak arsip

 

2004

2 buah

1.500.000,00

Baik

3

Filling cabinet 4 laci

Elite

2005

2 unit

3.854.600,00

Baik

4

Almari Besi 2 pintu

VIP

2005

1 buah

1.325.500,00

Baik

5

Almari Sliding Kaca

VIP

2006

1 unit

1.945.000,00

Baik

6

Almari

 

2010

1 unit

5.720.000,00

Baik

7

Almari

Brother

2013

6 unit

16.955.000,00

Baik

8

Filling Kabinet

Brother

2013

3 unit

6.240.000,00

Baik

9

Rak Buku / TV / Kembang

 

2013

2 unit

3.100.000,00

Baik

10

Brankas

Uchida

2013

1 unit

10.750.000,00

Baik

11

Mobile File Storage

Lion

2014

1

45.160.000,00

Baik

12

Lemari makan

 

2014

2

2.510.000,00

Baik

13

Mobile File Storage

Lion

2015

1

39.050.000,00

Baik

 

Jumlah A.2

138.110.100,00

 

A.3

Alat Kantor-Alat Kantor Lainnya

 

 

13

Papan Nama Kantor

 

2010

1 unit

2.775.000,00

Baik

14

Papan Nama KORPRI

 

2010

1 unit

1.775.000,00

Baik

15

Papan Nama & Jabatan

 

2010

1 unit

1.775.000,00

Baik

16

Papan Nama Sekretariat Krenova

 

2010

1 unit

1.775.000,00

Baik

17

Papan Nama Sekretariat Jarlitbangrap IPTEK

 

2010

1 unit

1.775.000,00

Baik

18

Mesin Penghancur Kertas

GEMET

2013

1 unit

3.270.000,00

Baik

19

Papan Pengumuman

 

2013

1 unit

3.000.000,00

Baik

20

LCD Proyektor

Hitachi

2014

1

15.177.500,00

Baik

21

Papan Tulis Elektronik

Panasonic

2014

1

21.134.000,00

Baik

 

Jumlah A.3

52.456.500,00

 

 

JuMLAH A.1+A.2+A.3

192.805.600,00

 

 

 

 

 

B

ALAT RUMAH TANGGA

128.861.865,00

 

B.1

Alat Rumah Tangga-Mebelair

 

 

1

Meja kerja 1/2 biro

 

Des-04

4 buah

3.453.000,00

Baik

2

Meja kerja

Kayu

2005

1 unit

1.980.000,00

Baik

3

Meja kursi komputer

Indachi

2007

2 set

2.504.000,00

Baik

4

Kursi kerja

 

2007

2 unit

2.352.600,00

Baik

5

Meja Kursi Tamu

 

2007

1 set

9.222.000,00

Baik

6

Meja Kursi Komputer

Kenzo

2009

2 unit

1.956.000,00

Baik

7

Meja Kursi Tamu

 

2009

1 set

5.049.000,00

Baik

8

Meja Kursi Komputer

Kenzo

2009

2 set

1.956.000,00

Baik

9

Meja 1/2 biro

 

2009

2

3.110.000,00

Baik

10

Meja Rapat

 

2009

4

6.055.000,00

Baik

11

Gorden

 

2010

1

4.950.000,00

Baik

12

Gorden

 

2010

1

1.650.000,00

Baik

13

Meja Komputer

 

2010

1

1.800.000,00

Baik

14

Meja Kerja

 

2013

3 unit

6.395.000,00

Baik

15

Kursi Kerja

Activ

2013

4 unit

3.095.000,00

Baik

16

Kursi Kerja

Grasco

2014

3

4.630.000,00

Baik

17

Meja Rapat

 

2014

1

2.292.000,00

Baik

18

Rak Koran

 

2014

1

500.000,00

Baik

 

Jumlah B.1

62.949.600,00

 

 

 

 

 

 

B.2

Alat Rumah Tangga-Alat Pendingin

 

 

1

Kipas Angin

Spectek

2013

2 unit

1.935.400,00

Baik

 

Jumlah B.2

     

1.935.400,00

 

B.3

Alat Rumah Tangga-Alat Dapur

 

 

1

Rak Piring

 

2011

1 unit

600.000,00

Baik

2

Kompor Elektrik

Quantum

2014

1

750.000,00

Baik

 

Jumlah b.3

1.350.000,00

 

B4

Alat Rumah Tangga-Alat Rumah Tangga Lainnya

 

 

1

UPS/Stabilizer

Prolink PRO 600P

2007

 

1.358.000,00

Baik

2

UPS

Power Tree 1250P

2009

2 unit

1.945.000,00

Baik

3

UPS

Power Tree 1250P

2009

4

3.891.000,00

Baik

4

Podium

 

2010

1

2.600.000,00

Baik

5

Kamera SLR

Canon 500D

2010

1

7.975.000,00

Baik

6

Handycam

Sony

2010

1

9.790.000,00

Baik

7

Mesin Faximile

Panasonic

2011

1 unit

1.400.000,00

Baik

8

Sound System

Auderpro

2012

1 paket

16.500.000,00

Baik

9

Microphone

TOA

2012

1 unit

2.893.000,00

Baik

10

Dispenser

Sanken

2013

1 unit

2.034.209,00

Baik

11

UPS / Stabilizer

Prolink

2013

6 unit

4.140.000,00

Baik

12

LED TV

Samsung

2014

1

4.445.000,00

Baik

 

Jumlah B.4

58.971.209,00

 

 

Alat Rumah Tangga-Alat Pemadam Kebakaran

 

 

 

Mutasi dr DPU

       

 

1

Tabung Pemadam Api Ringan

Altek

2011

1 unit

2.500.553,00

Baik

 

B.A. Serah Terima dari Dinas Pekerjaan Umum Tahun 2014

   

 

2

Tabung pemadam api ringan (Apar)

Sakindo/

Powder (9 kg)

2013

1 unit

1.155.103,00

Baik

 

Jumlah

     

3.655.656,00

 

 

Total B1-B5

     

128.861.865,00

 

C

KOMPUTER UNIT

 

 

 

Personal Komputer

 

 

1

Komputer

Acer Aspire M3710

2009

2 unit

20.200.000,00

Baik

2

Komputer

HP Pavilion

2009

2

21.574.000,00

Baik

3

Komputer

 

2010

1

4.950.000,00

Baik

4

Komputer PC

 

2012

1 unit

12.065.000,00

Baik

5

Komputer PC

Dell

2013

3 unit

27.720.000,00

Baik

6

Notebook

Acer

2013

1 unit

4.125.000,00

Baik

7

Note Book

Toshiba

2014

2

21.640.000,00

Baik

8

Note Book

Asus A456LF-WX039D

2015

1

9.018.250,00

Baik

9

Dekstop PC All In One

Asus ET2230INK-BC001M

2015

1

9.634.475,00

Baik

 

Jumlah C.

     

130.926.725,00

 

           

 

D

PERALATAN KOMPUTER

 

 

 

Peralatan Personal Komputer

 

 

1

Printer

       

Baik

2

Laserjet 1022

 

2007

 

5.380.000,00

Baik

3

Printer

HP 3005

2009

1 unit

7.931.000,00

Baik

4

Printer

HP M1319

2009

1

4.266.000,00

Baik

5

Printer

Brother

2013

1 unit

1.980.000,00

Baik

6

Printer

Epson

2013

2 unit

3.960.000,00

Baik

7

Printer Dot Matrik

Epson LQ 2190

2014

1

8.024.000,00

Baik

8

Monitor Display (Smart TV 48")

Samsung

2015

1

12.548.000,00

Baik

9

Printer Laser Monochrome

HP 1102

2015

3

3.939.000,00

Baik

10

Printert Inject warna Multifungsi

Cannon MP287

2015

1

1.335.000,00

Baik

 

Jumlah D

     

49.363.000,00

 

 

 

 

 

E

MEJA DAN KURSI PEJABAT

 

 

E.1

Meja Kerja Pejabat

       

 

1

Meja kerja

 

2007

1 unit

2.378.300,00

Baik

2

Meja Kerja Eselon III

 

2009

1

2.372.000,00

Baik

3

Meja Kerja Eselon IV

 

2009

4

8.356.000,00

Baik

 

Jumlah E.1

     

13.106.300,00

 

E.2

Kursi Kerja Pejabat

       

 

1

Kursi Kerja Eselon III

Atlanta

2009

1

1.564.500,00

Baik

2

Kursi Kerja Eselon IV

Atlanta

2009

4

4.724.000,00

Baik

3

Kursi Kerja Staf

Atlanta

2009

3

3.542.500,00

Baik

4

Kursi Kerja

       

 

 

- Kursi Eselon 3

Fantoni

2013

1 unit

3.350.000,00

Baik

 

- Kursi Eselon 4

Fantoni

2013

4 unit

8.400.000,00

Baik

 

Jumlah E.2

21.581.000,00

 

 

Jumlah E

34.687.300,00

 

 

TOTAL PERALATAN KANTOR DAN RUMAH TANGGA

536.644.490,00

 

                   

 

2.9.2.4. ALAT STUDIO dan ALAT KOMUNIKASI

No

Jenis

 

Tahun

Jumlah

Nilai

Kondisi

Beli

Unit

 

 

Alat Komunikasi Telepon

 

 

1

Telepon PABX

Panasonic

2012

1 paket

11.660.000,00

Baik

 

Jumlah /Total

11.660.000,00

 

 

2.9.3. GEDUNG DAN BANGUNAN

2.9.3.1. BANGUNAN GEDUNG

No

Lokasi

Penggunaan

Luas

Tahun

Nilai

Kondisi

(M2)

Pembuatan

A

Bangunan Gedung Kantor

 

 

A.1

Serah Terima dari Disporabudpar

 

 

1

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Perkantoran

380

2001

146.300.000,00

Baik

   

Pagar

1329

2001

93.030.000,00

Baik

2

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Pasang Paving

370

2001

24.229.000,00

Baik

3

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Perkantoran

380

2011

137.662.000,00

Baik

4

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Perkantoran

88,73

2011

289.990.000,00

Baik

5

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Aula

 

2012

217.201.000,00

Baik

6

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Kamar Mandi & Gudang

24

2013

47.325.000,00

Baik

7

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Pagar Belakang

50m1

2013

29.275.000,00

Baik

8

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Pagar Depan

40m1

2013

31.050.000,00

Baik

9

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Teralis dan Kanopi

 

2014

24.750.000,00

Baik

10

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Rehab Gedung Kantor (Rehab Atap, Rehab Gendeng+Plafon dan Rehab Cat, Keramik, Koridor)

 

2014

324.930.000,00

Baik

 

Jumlah A.1.

1.365.742.000,00

 

A.2

Bangunan Gedung Garasi/Pool

   

 

1

Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Tempat parkir

 

2014

62.488.000,00

Baik

 

Jumlah A.2

     

62.488.000,00

 

B

Tugu Peringatan Lainnya

       

 

2

Jl. Sudirman 46 Mgl

Tiang Pancang spanduk

6x4x1,2

2015

10.833.000,00

Baik

 

Jumlah B

 

10.833.000,00

 

 

TOTAL A1+A2+B

1.439.063.000,00

 

 

2.9.3. JALAN, IRIGASI DAN JARINGAN BANGUNAN AIR (IRIGASI)

2.9.3.1.  BANGUNAN AIR IRIGASI

No

Lokasi

Penggunaan

Luas

(M3)

Tahun

Pembuatan

Nilai

Kondisi

A

Bangunan Pelengkap Irigasi

 

 

1

Kantor Litbang & Statistik Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Tutup Saluran

14m'

2014

14.607.000,00

Baik

 

Jumlah A

     

14.607.000,00

 

           

 

B

BANGUNAN PENGAMAN SUGAI DAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

 

 

 

Bangunan Pengaman Pengaman Sungai

 

 

1

Kantor Litbang & Statistik Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Talud

 

2014

9.250.000,00

Baik

 

Jumlah B

     

9.250.000,00

 

 

 

 

 

C

BANGUNAN AIR BERSIH

 

 

 

Bangunan Pembuang Air Bersih

 

 

1

Kantor Litbang & Statistik Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl

Reservoir

1 paket

2013

16.325.000,00

Baik

 

Jumlah C

     

16.325.000,00

 

                 

 

 

No

 

Lokasi

 

Penggunaan

 

Luas

(M3)

Tahun

Pembuatan

Nilai

 

Kondisi

D

Bangunan Air Kotor

     

 

 

 

B.A. Serah Terima dari Kantor Lingkungan Hidup Tahun 2014

       

 

1

Kantor Litbang (Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl)

Sumur Resapan

1 unit @ 1,5 m3

2014

4.294.315,00

Baik

 

Jumlah D

     

4.294.315,00

 

E

Bangunan Pembuang Air Kotor

       

 

 

Mutasi dari KLH

       

 

1

Kantor Litbang (Jl.Jend.Sudirman No.46 Mgl)

Sumur Resapan

1,5

2012

2.517.762,00

Baik

 

Jumlah E

     

2.517.762,00

 

 

TOTAL A+B+C+D+E

     

46.994.077,00

 

 

2.9.3.2. JARINGAN

No

Jenis

Unit Pemakai

Tahun

Jumlah

unit

Nilai

Kondisi

 

A

JARINGAN TELPON

 

 

 

Jaringan telpon di atas tanah

 

 

1

Instalasi Telepon

Jl.Jend Sudirman No.46

2010

 

435.000,00

Baik

2

Line/Sambungan Telepon

Jl.Jend Sudirman No.46

2011

 

475.000,00

Baik

 

Jumlah A

910.000,00

 

 

 

 

 

 

 

 

B

JARINGAN LISTRIK

 

 

 

Jaringan Listrik Lain-Lain

 

 

 

Serah Terima dr Disporabudpar

 

 

1

Jaringan Listrik

 

2005

 

464.050,00

Baik

 

( Penambahan Daya )

       

 

 

Jumlah B

464.050,00

 

 

TOTAL A+B

1.374.050,00

 

 

2.9.5. ASET TETAP LAINNYA

2.9.5.1. BUKU dan PERPUSTAKAAN

No.

Jenis

Penerbit

Tahun

Beli

Jumlah

Nilai

Kondisi

A

Buku-Umum

       

 

1

Kamus Inggris Indonesia

 

2009

1

125.000,00

Baik

2

Buku Ensiklopedia

 

2009

1

1.947.000,00

Baik

 

Jumlah A

     

2.072.000,00

 

           

 

B

Buku-Ilmu Sosial

       

 

1

Sistem perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah

Salemba 4

2008

1

100.000,00

Baik

2

Perencanaan & Pengembangan Wil

 

2009

1

125.000,00

Baik

3

Teknik Kuantitatif untuk Arsitektur & Survei Opini Publik

 

2009

1

115.000,00

Baik

4

Gender & Politic

 

2009

1

110.000,00

Baik

5

Intrik & Lobi Politik Para Penguasa

 

2009

1

100.000,00

Baik

6

Penatausahaan & Akuntansi Keu Daerah untuk SKPD & Pem.Daerah

 

2009

1

109.900,00

Baik

7

Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi

 

2009

1

105.000,00

Baik

8

Nano Teknologi Terapan

Erlangga

2015

1

109.000,00

Baik

9

Ekonomika Indonesia

UPP STIM YKPA

2015

1

149.000,00

Baik

 

Jumlah B

1.022.900,00

 

 

TOTALA+B

3.094.900,00

 

 

2.9.6. ASET LAINNYA

2.9.6.1. ASET TAK BERWUJUD

No.

JENIS

LOKASI

TH. PE

NGADAAN

Nilai

Kondisi

1

Software Data

Kantor Litbang

2013

15.000.000,00

Baik

2

Pengembangan Software Data GO

Kantor Litbang

2014

15.450.000,00

Baik

3

Web Site SKPD

Kantor Litbang

2014

10.000.000,00

Baik

4

Pengembangan SIM Data GO

Kantor Litbang

2015

26.250.000,00

Baik

5

DED Rehab Gedung

Kantor Litbang

2015

4.135.750,00

Baik

 

Jumlah

   

70.835.750,00

 

Sumber : Lampiran Neraca Kantor Peneltian, Pengembngan dan Statistik Tahun 2015

 

Dari daftar aset tersebut 85 % aset dalam kondisi baik, 10% aset dalam kondisi rusak ringan dan 5% aset dalam kondisi rusak berat. Sesuai Keputusan Sekretaris Daerah Nomor : .028/290/112 Tahun 2015, Tanggal :  29 Desember 2015 bahwa aset sebagaimana tersebut dibawah ini telah setujui untuk proses penghapusan dari daftar aset tetap,  yaitu :

 

No

Jenis

Merk

Tahun

Beli

Jumlah

Unit

Nilai

 

SK SETDA NO.028/290/112 th.15 tgl 29-12-15

1

Sepeda Motor

Honda Legenda            AA 9621 AA

2001

1 unit

9.550.000,00

 

SK SETDA NO.030/293/112 th.15

1

CPU

   

2 unit

2.083.200,00

2

Printer

Hp Deskjet 3744

2005

1 buah

500.000,00

3

Printer

HP CP1210

2009

2 unit

9.032.000,00

4

Printer

Canon

2012

1 unit

1.010.000,00

5

Laptop

IBM Lenovo Thinkpad

2006

1 unit

24.089.000,00

6

Komputer PC

HP Pavilion A6135L

2007

 

10.890.750,00

7

Komputer PC

HP Pavilion A6238D

2007

 

13.274.250,00

8

Notebook

Toshiba Satelite M300-S411

2009

1 unit

13.030.000,00

9

Kompor Gas

Rinai

2010

1 unit

510.000,00

10

LCD Proyektor

Infocus

2010

1 unit

15.400.000,00

Sumber : Lampiran Neraca Kantor Peneltian, Pengembngan dan Statistik Tahun 2015

 

  • CAPAIAN RENSTRA 2011-2015

Secara akumulatif Kinerja Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik atas Rensta 2011-2015 adalah sebagai berikut :

Tabel 2.10

 CAPAIAN KINERJA  KANTOR PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN STATISTIK KOTA MAGELANG  LIMA TAHUN TERAKHIR

No

Indikator Kinerja sesuai Tugas dan Fungsi SKPD

Target

SPM

Target IKK

Target Indikator Lainnya

Target Renstra SKPD Tahun

Realisasi Capaian Tahun

Rasio Capaian pada Tahun (%)

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

(13)

(14)

(15)

(16)

(17)

(18)

(19)

(20)

1.

Buku Daerah Dalam Angka

-

-

-

ada

ada

ada

ada

ada

ada

ada

ada

ada

ada

100

100

100

100

100

2.

Buku PDRB Kota Magelang

-

-

-

ada

ada

ada

ada

ada

ada

ada

ada

ada

ada

100

100

100

100

100

3.

Jumlah Krenova terdata

-

-

-

11

12

13

14

15

29

24

35

17

15

263

200

269

121

100

Sumber : TU Kantor Litbang dan Statistik Kota Magelang

 

 

 

 

Capaian Kinerja Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik pada RENSTRA Tahun 2011-2015 diukur dengan 3 (tiga) Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi Tugas Pokok dan Fungsi sebagaimana tertuang dalam Peraturan Walikota Magelang Nomor 43 Tahun 2011 tentang IKU Kota Magelang Tahun 2011-2015 dan juga terdapat dalam indikator kinerja pada RPJM-D Tahun 2011-2015. Ketiga indikator kinerja tersebut adalah :

  • Buku Daerah Dalam Angka
  • Buku PDRB Kota Magelang
  • Jumlah Krenova yang terdata

Selain dari ketiga indikator kinerja tersebut,  Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik tidak mengampu indikator kinerja lain seperti Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari K/L terkait maupun Indikator Kinerja Kunci (IKK).

Dari tabel diatas terlihat bahwa ketiga indikator kinerja tersebut dapat tercapai sampai dengan akhir periode RENSTRA Tahun 2011-2015 dengan tingkat capaian 100 %, bahkan untuk indikator jumlah Krenova yang terdata tingkat capaian kinerja indikatornya rata-rata lebih dari 100 %.

  • HAMBATAN YANG DIHADAPI

Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Kepala Daerah melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik, ada beberapa hambatan yang dihadapi :

  • Dalam rangka Pengolahan Data dan Statistik, hambatan utamanya adalah :
  • Masih adanya ego sektoral kepemilikan dan publikasi data umum di setiap Perangkat Daerah di Kota Magelang
  • Dasar hukum DataGO sebagai data senter belum cukup kuat
  • Pembina Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) untuk statistisi berada di lintas K/L yaitu Badan Pusat Statistik (BPS) sehingga menyulitkan untuk melakukan koordinasi
  • Belum semua Kepala Perangkat Daerah di Kota Magelang berkomitmen terhadap pengembangan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  • Belum jelasnya kelembagaan yang menangani urusan statistik

 

  • Dalam Rangka Penyelenggaran Penelitian, Pengembangan Ilmu Pengetahuan, hambatan utamanya adalah :
  • Kurangnya Jumlah SDM Peneliti dari berbagai kepakaran
  • Belum optimalnya komitmen pemerintah Kota Magelang akan perlindungan kekayaan intelektual
  • Belum optimalnya Pemanfaatan hasil penelitian oleh Perangkat Daerah terkait
  • Masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam mendesiminasikan hasil kreativitas dan inovasinya
  • Belum optimalnya rintisan integrasi hasil-hasil penelitian di Kota Magelang
  • Belum kuatnya komitmen penelitian dan pengembangan sebagai bagian proses perencanaan

 

  • Dalam Rangka Penyelenggaraan Pengembangan Teknologi, hambatan utamanya adalah :
  • Belum adanya kebijakan daerah tentang pedoman penelitian dan pengembangan di Kota Magelang
  • Kurangnya minat masyarakat Kota Magelang untuk mendeseminasikan teknologi yang telah diciptakan sehingga teknologi hasil inovasi belum dimanfaatkan secara optimal
  • Pengembangan IPTEK belum terencana dengan baik sesuai dengan roadmap
  • Belum optimalnya sinergi antara pemerintah, perguruan tinggi, pengusaha dan kelompok masyarakat
  • Belum adanya Jabatan Fungsional (JFT) Perekayasa di Kota Magelang
  • Kesepakatan Bersama / MoU antara Pemerintah Kota Magelang dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah habis masa berlakunya dan kurang dimanfaatkan oleh Perangkat Daerah terkait di Kota Magelang
    • TANTANGAN DAN PELUANG

Selama kurun waktu lima tahun terakhir dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik untuk mewujudkan Visi dan Misi Kepala Daerah menghadapi berbagai tantangan. Namun demikian juga memiliki berbagai peluang. Tantangan dan peluang ini merupakan salah satu motivasi untuk mempertahankan eksistensi kelitbangan di Kota Magelang. Secara rinci tantangan dan peluang tersebut sebagai berikut :

Tabel 16

TANTANGAN DAN PELUANG

KANTOR PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN STATISTIK  KOTA MAGELANG

Fungsi

Tantangan

Peluang

Pengelolaan Data

1.  Tuntutan kualitas dan kuantitas data dalam mendukung perencanaan pembangunan

1.  Tersedianya Infrastruktur jaringan (fiber optic) di Kota Magelang

 

2.  Magelang telah mencanangkan program smart city

2.  Perwal berpotensi ditingkatkan menjadi Perda

3.  Pengelolaan statistik daerah membutuhkan Statistisi dan pengelola data yang berkompeten

3.  Tersedianya anggaran diklat bagi Statistisi di BKD

 

4.  Kebutuhan akan integrasi data sektoral Perangkat Daerah dalam perencanaan pembangunan sangat mendesak

4.  Semua sistem memungkinkan untuk diintegrasikan ke dataGo

 

5.  Statistik merupakan lembaga strategis daerah

5.  Kelembagaan statistik wajib ada di Kota Magelang

Penelitian  dan

Pengembangan

IPTEK

1. Pemenuhan SDM peneliti harus memenuhi syarat kompetensi dan taat kode etik.

 

1. Komitmen Pemerintah Kota Magelang dalam penyediaan anggaran pendidikan bagi calon peneliti ada di BKD

 

2. Dalam MEA hanya produk yang ber KI yang dapat dikomersialkan.

2. Tersedianya produk inovasi masyarakat yang potensial KI.

 

3. Skim fasilitasi hilirisasi inovasi tersedia di beberapa kementrian

 

3. MoU antara Pemerintah Kota Magelang dengan K/L trkait terbuka luas.

 

4. Prestasi Kota Magelang dalam KRENOVA  harus dipertahankan

 

4. Masyarakat memiliki kesempatan untuk mengkomersialkan hasil hasil KRENOVA 

 

5. Pemerintah mengatur bahwa mulai 1 April 2016 semua hasil riset harus diwadahi dalam On line Jurnal System (OJS)

5. Mata Anggaran MONEV KELITBANGAN dapat dijadikan wadah terselenggaranya On Line Jurnal System

 

6.Sebagai urusan penunjang harus harus menfasilitasi penelitian untuk semua urusan yang menjadi kewenangan kota magelang

6. Litbang baik berupa evaluasi maupun analisis kebijakan merupakan kebutuhan strategis dalam pengambilan kebijakan

 

7.Belum ada kejelasan lembaga litbang di Kota Magelang

7. Lembaga penelitian pemerintah daerah sebagai koordinator penyelenggaran penelitian dan pengembangan di daerah

PENERAPAN TEKNOLOGI

1.Seiring perkembangan jaman, pasar lebih memilih produk yang praktis, ekonomis dan higenis.

1. Teknologi baik yang bersifat masssal maupun terbatas banyak tersedia di Kota Magelang

 

2.Tanpa perlindungan KI teknologi masyarakat potensial di plagiat

 

2.  Tersedianya berbagai saluran dalam mendiseminasikan prodok teknologi dari masyarakat

 

3.Rencana Induk Kelitbangan Nasional masih dalam proses

 

3.  Dalam desk Renja 2017 telah disarankan menyusun Roadmap kelitbangan Kota Magelang

 

4.Pengusaha perannya baru sebatas memanfaatkan hasil litbang, sementara yang dibutuhkan adalah memproduksi/memassalkan hasil litbang.

4.  Beberapa Perguruan tinggi siap bekerjasama dengan Pemerintah Kota Magelang dalam litbang.

 

 

5.Belum adanya kebijakan pemerintah Pusat terkait tunjangan jabatan bagai perekayasa.

 

5.  UU ASN mengarahkan bahwa pada tahun 2017 semua pegawai (kecuali yang masuk eselon 2 dan 3) harus menjadi tenaga fungsional.

 

6.Pemanfaatan MOU antara Pemerintah Kota Magelang dengan BPPT yang masanya telah habis kurang dimanfaatkan oleh PD terkait.

6.  MoU Pemerintah Kota Magelang dengan BPPT merupakan pintu masuk transfer teknologi

 

Sumber : Hasil Brainstorming