STRATEGI PEMASARAN KOPERASI PEGAWAI
Studi kasus di Koperasi Pegawai Republik Indonesia ”Bina Sejahtera”
Rumah Sakit Jiwa Prof Dr. Soeroyo Kota Magelang
Oleh : Lukluk Atul Hidayati dan Mujiono
Dosen FE UMM dan Ketua KPRI ”BINA SEJAHTERA”
Strategi pemasaran untuk koperasi sangat penting dalam meningkatkan perdagangan sehingga koperasi memiliki kemampuan untuk bersaing dengan perusahaan. Instrumen strategi pemasaran diantaranya adalah harga, produk, promosi dan distribusi. Jika koperasi dapat menggunakan strategi pemasaran maka kopreasi akan tumbuh dan berkembang di masa depan. Dalam kasus di sini akan dianalisis strategi pemasaran koperasi "Bina Sejahtera" dengan instrumen analisis adalah dengan analisis kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman. Instrument identifikiasi dilakukan dengan membuat serta penyebarkan kuisoner terhadap 30 responden. Hasil analisis faktor strategi internal Koperasi "Bina Sejahtera: telah positif 2.097 titik. Faktor strategi Hasil analisis eksternal "Bina Sejahtera: Coorporation telah positip 2.016 titik. Keberadaan koperasi "Bina Sejahtera dengan stragtegy yang tersusun,menjadikan Koperasi " Bina Sejahtera " dapat meningkatkan strategi tersebut dilakukan pada harga, distribusi produk, dan promosi.
Kata Kunci : Koperasi, Strategi, Analisis.