Sebagai bentuk rangkaian kegiatan kompetisi Robot Soccer tingkat SLTP sederajat yang digelar oleh Pemerintah Kota Magelang melalui Badan Litbang (Sub Bidang Pengembangan dan Penerapan IPTEK), hari ini Senin 23 Juli 2018 dilaksanakan technical meeting dan pra penjurian di Borobudur International Golf and Country Club yang diikuti 100 peserta (50 kelompok) dari 18 SLTP Negeri dan Swasta sederajat se-Kota Magelang. Dalam tahapan ini calon peserta melakukan registrasi ulang dan memperoleh pembekalan terkait teknis perlombaan yang akan dilaksanakan 25 Juli 2018 mendatang.

Robot yang sebelumnya telah dirakit oleh masing-masing kelompok peserta diukur dimensinya yang mencakup panjang, lebar, tinggi dan tegangan robot oleh panitia dan tim pakar dari IST AKPRIND Yogyakarta. Dalam kesempatan ini juga dijelaskan detail teknis terkait sistem elektronis, mekanis, algoritma, strategi dan misi kompetisi yang akan dihadapi oleh seluruh peserta. Dari hasil screening awal pada tahapan ini, robot yang belum memenuhi persyaratan harus diperbaiki kembali disesuaikan dengan aturan lomba untuk kemudian diserahkan ke panitia dan dilakukan karantina untuk melindungi karya cipta dari setiap kelompok. Secara rinci teknis yang harus dilalui peserta kompetisi robot soccer pada tahapan ini diuraikan dalam alur sebagai berikut:


Pada saat perlombaan nanti diharapkan seluruh kelompok peserta telah siap bertanding. Harapan dan tujuan utama dari kegiatan ini tidak semata pada poin kompetisinya saja, melainkan sebagai salah satu bentuk upaya Pemerintah Kota Magelang dalam mewujudkan generasi muda yang melek IPTEK, kreatif, inovatif dan memiliki bekal pengetahuan robotika yang baik.


Add comment


Security code
Refresh