Kini sampah mnejadi permasalahan yang serius. Seiring semakin baertambahnya jumlah penhuni bumi ini maka semakin banyak pula sampah yang dihasilkan. Untuk meminimalisasi sampah ini diperlukan upaya dan inovasi dalam menanganinya. SMAN 1 Purwantoro sebagai sekolah adiwiyata nasional memiliki komitmen untuk dapat membelajarkan dan menanamkan karakter peduli lingkungan kepada para siswanya.

Kebiasaaan pengelolaan sampah tak serta merta muncul dalam diri siswa, diperlukan upaya yang serius dan nyata dalam membiasakan siswa untuk mengelola sampah yang ada lingkungannya.

 

Program SADIPO

SADIPO adalah akronim sampah menjadi pohon. Dengan program ini siswa dibiasakan mengelola sampah yang ada di kelas masing-masing untuk ditukar dengan pohon. Kegiatan ini hampir mirip seperti bank sampah bedanya adalah saldo yang dimiliki tiap siswa ditukar dengan pohon yang selanjutnya ditanam dan setiap siswa memiliki kewajiban untuk menjaganya. 

Dengan program ini diharapkan siswa dapat mengelola hasil sampah sekaligus terbiasa menanam pohon untuk menjaga kelestarian tumbuhan di bumi ini.

 

Sulap Plastik Jadi Minyak

Sampah plastik merupakan permasalahan yang sangat pelik. Bahkan sampah plastik merupakan penyumbang pencemaran dibanding sampah organik karena tak dapat teruraikan. Untuk menyiasati sampah plastik tersebut dilakukan inovasi pengolahan sampah plastik menjadi minyak. 

 

Pupuk Kompos

Hasil sampah organik di SMAN 1 Purwantoro sangat besar mengingat banyak sekali tanaman rindang di sekolah. Untuk meningkatkan nilai ekonomis sampah organik tersebut SMAN 1 Purwantoro berinovasi untuk merubah sampah tersebut menjadi pupuk organik cair dan padat. Bahkan kini hasilnya telah dipasarkan.

Pepatah mengatakan jika jutaan langkah berasal dari satu langkah kecil. Jika ingin menyelamatkan bumi maka generasi muda harus dibekali pemahaman lingkungan yang memadai termasuk dalam pengelolaan sampah. Semoga langkah kecil kami bisa menjadi inspirasi dan dapat memberikan pencerahan bahwa sampah itu sebenarnya bernilai ekonomis jika kita mau mengelolanya menjadi produk yang bernilai.

 

Sumber : http://www.kompasiana.com/donypurnomo/inilah-inovasi-sman-1-purwantoro-sulap-sampah_5539976a6ea8344479da42d4

Catatan : Beberapa skema dan diagram tersedia di Sumber.


Add comment


Security code
Refresh