ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DAN JAMKESDA DI RSUD TIDAR KOTA MAGELANG

 

Oleh: Drs. Dahli Suhaeli, MM dan Misrun, SE

Universitas  Muhammadiyah Kota Magelang

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan dokter, layanan perawat, layanan administrasi, dan layanan obat-obatan terhadap kepuasan pasien RSUD Tidar Kota Magelang secara parsial maupun simultan dan mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien RSUD Tidar Kota Magelang.

Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Uji kualitas data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan dokter, layanan perawat, layanan administrasi, dan layanan obat-obatan berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pasien RSUD Tidar Kota Magelang. Kemampuan variabel tersebut dapat menjelaskan empat variqabel dependen sebesar 68,3 %. Layanan dokter merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pasien RSUD Tidar Kota Magelang.

 

Kata Kunci : Layanan Dokter, Layanan Perawat, Layanan Administrasi, Layanan Obat-Obatan, Kepuasan Pasien.

 

 

 


Add comment


Security code
Refresh