Hasil FGD “ SIDa Pariwisata Berbasis Teknologi dan Lingkungan”

 

Pada tanggal 26 Agustus 2016 Kantor Litbang melaksanakan FGD dengan tema SIDa Pariwisata Berbasis Teknologi dan Lingkungan dengan narasumber dari Balitbang Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang dan dihadiri oleh anggota Dewan Riset Daerah Kota Magelang dan SKPD terkait. Wakil dari Balitbang Provinsi Jawa Tengah adalah Bapak Nur Rohmat yang bertindak sebagai nasrasumber sekaligus moderator dalam FGD. Dan peramu dalam acara tersebut adalah anggota DRD Kota magelang yang diwakili oleh Bapak Oesman Ralibi.

Dalam Paparannya Kepala DISPORABUDPAR memberitahukan pengembangan pariwisata di Kota Magelang yang akan dilakukan oleh pemerintah demi kemajuan pariwisata Kota Magelang. Pengembangan tersebut meliputi sarana prasaran, penambahan destinasi wisata, meningkatkan pendapatan disektor pariwisata dan meningkatkan kualitas event khusus bidang kesenian dan budaya. Untuk pengembangannya pemerintah berencana membuat Tourism Information Center (TIC) demi terwujudnya One Stop Servise. Kepala DISPORABUDPAR juga memberikan himbauan agar pengembangan destinasi wisata di Kota Magelang selaras dengan kelestarian lingkungan.

Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang yang bertindak sebagai fasilitaor acara menyampaikan bahwa Roadmap SIDa telah terbentuk sejak tahun 2013 dan sampai dengan tahun 2016 ini belum memiliki perwal resmi. Gagasan awal yang diusung dalam SIDa adalah teknologi industri tahu di daerah Tidar Camur. Kawasan Tidar Campur merupakan kawasan industri tahu rumah tangga yang sebagian rumah tangga di sana memiliki pabrik tahu. Melihat dari beberapa kota contonya Yogyakarta yang berhasil membuat kawasan industri bakpia menjadi destinasi wisata, Kota Magelang berkeinginan untuk melakukan hal yang sama pada daerah Tidar Campur. Dengan tema SIDa yang lebih menitik beratkan pada teknologi dihasilkanlah tema untuk SIDa Kota Magelang yaitu “Industri pariwisata bebasis teknologi”. Tema SIDa ini telah masuk dalam RPJM pada Misi 1 dan Misi 2 sehingga dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan yang diinginkan pemerintah Kota Magelang.

 

Menanggapi paparan yang disampaikan oleh Kepala DISPORABUDPAR dan Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang, wakil dari Balitbang Provinsi mengapresiasi bahwa sama dengan Provinsi Jawa Tengah Kota magelang telah memasukkan unsur SIDa kedalam RPJM. Penyusunan rencana kegiatan SIDa yang telah dilakukan Kota Magelang juga sudah runtut dari tahun ketahun dan semakin mengerucut. Untuk bidang pariwisata diharapkan dapat membuat paket wisata dan lebih gencar dalam mempromosikan wisata Kota Magelang. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan bekerjasama dengan biro perjalanan untuk mempromosikan Kota Magelang, serta mensinergikan 3 pilar yaitu amonity ,destinasi, atraksi dengan teknologi dan lingkungan.

Add comment


Security code
Refresh