PROGRES PENYUSUNAN BUKU ANALISIS PERKEMBANGAN LAJU INFLASI KOTA MAGELANG

Kegiatan penyususnan Buku Analisis Perkembangan Laju Inflasi pada Tahun 2016 kembali diangkat oleh Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dinamika perkembangan harga barang dan jasa yang dikonsumsi masyarakat di Kota Magelang yang tercermin dari angka inflasi. Manfaatnya sendiri adalah memberikan gambaran perkembangan tingkat harga barang/jasa kebutuhan masyarakat Kota Magelang secara rata-rata (agregat) dan diharapkan juga dapat memberikan referensi data bagi pengambilan kebijakan.

Dalam rangka penyusunan buku Analisis Perkembangan Laju Inflasi Kantor Penelitan, Pengembangan dan Statistik Kota magelang telah menginventarisasi data program kerja dari SKPD pengampu yaitu Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan KB Kota Magelang,  Dinas Pertanian, Peternakan dan Peikanan Kota Magelang, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, serta Bagian Perekonomian pada Setda Kota Magelang, selama Tahun 2015 dan 2016.

Sejauh ini angka Inflasi diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Magelang. Analisa Inflasi untuk Triwulan I Tahun 2016 sendiri belum dapat dilakukan karena masih menunggu data resmi dari BPS Kota Magelang. Untuk pengendalian inflasi di Kota Magelang sendiri telah dibentuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Magelang yang dalam hal ini diketuai oleh Sekretaris Daerah Kota Magelang.

 

Sistem informasi DataGO telah dimasukkan sebagai program unggulan TPID Kota Magelang. Sehingga untuk pengayaan DataGO , selanjutnya akan diinventaris seluruh juknis dan tamplate pelaporan perkembangan harga dari SKPD terkait yang dapat dikirimkan melalui email. Hasil dari juknis dan template tersebut kemudian akan di susun dan dianalisis menjadi buku Analisis perkembangan Laju Inflasi Kota Magelang oleh tim penulis dari Kantor Litbang dan Statistik.

Add comment


Security code
Refresh