INTEGRASI DATA (1)

 

Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang pada seksi Pengolahan Data dan Statistik pada Tahun Anggaran 2016 ini mempunyai kegiatan Manajemen Data Daerah (MDD), dimana dalam kegiatan tersebut Kantor Litbang dan Statistik Kota Magelang akan meng-integrasikan beberapa Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang ada pada beberapa SKPD agar bisa dimasukkan dalam apliaksi yang ada di kantor Litbang Statistik yaitu aplikasi dataGo.

Perlu diketahui, dataGo adalah manajemen data berbasis website sebagai upaya peningkatan kualitas manejemen data melalui pembentukan data base terstruktur yang mampu menyajikan data dan statistik yang berkualitas, terupdate dan representatif. Aplikasi dataGo resmi dilaunching pada tanggal 30 Oktober 2014 oleh Walikota Magelang, dan saat ini sudah ada dasar payung hukumnya yaitu Peraturan Walikota Magelang Nomor 25 Tahun 2015 tentang dataGo sebagai pusat sistem informasi data daerah terpadu.

Maksud dan tujuan dari Integrasi data tersebut, adalah agar  Pemkot Magelang dalam mencari informasi dalam membuat kebijakan Pemkot Magelang lebih mudah karena tidak perlu mencari ke SKPD yang dituju tapi nantinya bisa dilihat dengan membuka aplikasi satu pintu dataGo tersebut serta untuk menggali informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pada awalnya kami akan membuat proyeksi Integrasi Data tersebut untuk 6 (enam) SKPD sebagai percontohan, yaitu Dinas pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial kemudian Dishubkominfo, DKK, BKD dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dalam hal ini data atau variabel yang bersifat umum, yang bisa diakses oleh pemkot Magelang dan masyarakat pada umumnya.

Pada beberapa bulan ini kami sedang mengadakan komunikasi dengan ke-6 SKPD tersebut guna penjajagan Operating Systemnya yang nantinya akan kita seragamkan agar bisa dimasukkan dalam aplikasi dataGo.

Add comment


Security code
Refresh