Bercermin pada negera jepang saat ini merupakan negara maju,  kesuksesannya i raih  bukan karena dia menemukan segala sesuatu yang menjadi produk unggulannya,  namun karena ia meniru ide orang lain, produk orang lain, jasa orang lain dan menjadikannya lebih bagus, lebih ringan, lebih menarik, lebih hemat, lebih modis.

Demikian juga negara China, pada setiap  produk elektronik yang baru keluar kepasaran pasti barang merupakan tiruan.  Bahkan hingga kendaraan motor ataupun mobil, istilah sekarang barang “made in China “. Kita belajar untuk meniru setiap bisnis yang dilakukan orang lain, ikuti seperti yang mereka lakukan , pada saat ini dikenal dengan istilah ATM (Amati,Tiru dan Modifikasi ) atau 3N (Niteni, Nirokke dan Nambahi).

 

·       Amati      = Lihat apa yang berjalan bagi orang lain, apa yang dikerjakan dan sukses.

·       Tiru         = Kemudian tiru prinsip-prinsipnya, caranya, ikuti gayanya jika perlu.

·       Modifikasi = Jadikan sedikit berbeda, berikan warna dan pengalaman anda sendiri, jadikan sedikit atau banyak lebih baik.

 

Gambar 1 trik Berinovasi

 

Berani melakukan berbeda adalah kunci untuk kita menjadi unggul. Amati dan tiru sudah terbukti suksesnya, kemudian lakukan beberapa penambahan atau modifikasi. Apalagi dalam melakukan modifikasi yang kita lakukan merupakan ciri khas kita.

 

Perubahan yang merupakan ciri dari inovasi merupakan suaru keharusan, namun tidak setiap tahapan atau langkah yang mengalami perubahan adalah inovasi. Untuk menentukan suatu kegiatan /program  yang dimaksud adalah  inovasi, maka ada beberapa  kriteria inovasi, diantaranya adalah sebagai berikut :

      Ada tidaknya dampak positif atau kemanfaatan dari suatu inisiatif perubahan.

      Mampu tidaknya inisiasi perubahan memberi solusi terhadap masalah yg ada.

      Harus berkesinambungan (tidak tergantung pada inisiator / konseptornya) dan dapat direplikasikan.

 

      Memiliki kompatibilitas dengan sistem di luar dirinya, tidak membentur / melanggar sistem yang telah ada.

Add comment


Security code
Refresh